Selasa, 14 Februari 2012

Matikan rokok sebelum rokok mematikan anda#3

Metode-Metode Berhenti Merokok 

Terdapat berbagai metode untuk berhenti merokok, yang dibagi menjadi dua kelompok besar yaitu pendekatan farmakologik dan non-farmakologik. Tidak ada yang dapat diklaim sebagai metode terbaik atau paling efektif karena setiap individu mempunyai kecocokan yang berbeda. Tidak berarti bahwa perokok berat atau yang mempunyai tingkat dibandingkan dengan perokok ringan atau yang mempunyai tingkat kecanduan yang tinggi memerlukan dukungan dan obat-obatan yang lebih dibandingkan dengan perokok ringan atau yang mempunyai tingkat kecanduan lebih rendah karena pada akhirnya semuanya kembali tergantung pada tingkat kemauan dan motivasi penghentian seseorang. Penghentian secara farmakologik membantu kecanduan fisik dari nikotin dan memberikan pasien kesempatan untuk fokus pada pemecahan ketergantungan priskologik, namun mereka tetap memerlukan kemauan.
Pendekatan Farmakologik 
Nicotine replacement therapy
nicotine replacement therapy (NRT) merupakan medikasi lini pertama untuk berhenti merokok yang telah disetujui oleh FDA (Food and Drug Administration). NRT dapat mengurangi keparahan gejala putus obat dan ketagihan(cravings)pada pasien pantang rokok dengan memberikan nikotin secara perlahan-lahan tanpa paparan terhadap karbon monoksida, karsinogen, dan lebih dari 4000 senyawa lainnya yang dikandung di dalam rokok.
Antidepresi
Antidepresi yang digunakan dalam upaya berhenti merokok ialah Bupropion. Obat ini menginhibisi uptake dari norepinefrin,serotonin dan dopamin.
Hipnoterapi
Hipnosis merupakan proses dimana seseorang memengaruhi secara kuat seseorang lainna. Proses ini membuat kesadaran orang yang dihipnotis menjadi berkabut(drowsy). setelah dihipnosis, ia berada di posisi untuk menerima sugesti dari orang lain dan melakukan aktivitas yang tidak mungkin dilakukan dalam kesadaran penuh. Maka dari itu hipnoteria merupakan solusi efektif untuk individu yang mau berhenti merokok tetapi tidak dapat menahan godaan.
Akupuntur
Akupuntur merupakan terapi tradisional yang berasal dari cina, yang menggunakan jarum khusus yang ditusukkan ke beberapa titik pada tubuh untuk memberikan suatu efek stimulasi. Aku puntur merupakan salah satu metode dalam berhenti merokok yang bertujuan untuk menurunkan gejala-gejala putus obat(withdrawalsymptoms)seperti iritabilitas,cemas,dan kesulitan berkonstrasi. Akupuntur dapat juga menurunkan ketagiha(craving). Dalam suatu studi di Universitas Oslo, Norway, akupuntur ditemukan menurunkan keinginan merokok secara signifikan selama lima tahun setelah pengobatan awal. Subyek yang diuji melaporkan bahwa rokok terasa tidak enak setelah terapi akupuntur.
Sekian penjelasan saya mengenai rokok dan cara mengatasinya dengan metode-metode yang saya berikan
jika ada kesalahan kata mohon di maafkan sekian dan terima kasih

0 komentar:

Posting Komentar